Rabu, 22 Februari 2012

Profil Kelompok SPP terbaik PNPM MP 2011 Kab. Langkat


Mengenal Kelompok SPP Terbaik PNPM MP di Kecamatan Selesai
SPP Damai, dusun II, Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai.

            Seperti yang dinyatakan oleh Ketua UPK PNPM Kecamatan Selesai, Nurhayati, kepada penulis, dari 36 kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang masih aktif di Kecamatan Selesai, kelompok SPP yang terbaik di tahun 2011 adalah kelompok SPP Damai yang berlokasi di dusun II, Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai. Berbekal nomor telepon Ketua SPP Damai, Nurjanah, 085373714749, penulis menghubungi Ibu Nurjanah dan meminta waktu untuk mengadakan wawancara. Kesepakatanpun dibuat untuk bertemu di rumah Ibu Nurjanah di Gang Keluarga, Dusun II, Sei Limbat, Selesai, pada hari Selasa pagi, 27 Desember 2011.
            Setelah bertanya sana sini, akhirnya ada 2 orang anak-anak laki-laki seusia SD menunjukkan jalan ke rumah Ibu Nurjanah. Sepertinya, nama dan sosok Ibu Nurjanah sudah cukup terkenal di lingkungannya. Tak lama kemudian, penulispun sampai ke rumah Ibu Nurjanah, karena jalan ke rumah inipun sudah diaspal oleh Pemerintah Kabupaten Langkat.
            Di rumahnya yang bisa dibilang sederhana, ada sebuah kedai sampah di sisi kirinya. Nampaknya Ibu Nurjanah sedang merenovasi kedainya. Ada 2 orang pekerja yang mengerjakan renovasi tersebut. Keempat anaknya, 2 putra dan 2 putri, juga ada di rumah.
            Setelah bertemu, Ibu Nurjanah menceritakan bahwa kelompok SPP Damai memiliki 25 anggota. Untuk menjadi anggota kelompok SPP Damai ini, para anggota harus membayar uang jaminan anggota Rp. 100.000/orang dan uang kas Rp. 5.000/orang/bulan. Dengan modal dasar ini Ibu Nurjanah mengelola Kelompok SPP Damai ini.
            Menurut Ibu Nurjanah, Kelompok SPP Damai ini didirikan pada tahun 2008. Tapi baru pada tahun 2009 kelompok SPP Damai ini mendapat pinjaman Rp. 20.000.000 dari UPK PNPM MP Kecamatan Selesai. Dan pada tahun 2011, kelompok SPP Damai ini mendapatkan pinjaman Rp. 40.000.000. Untuk tahun 2012, kelompok SPP Damai telah menyiapkan proposal pinjaman sebesar Rp. 60.000.000. Dengan catatan prestasi yang baik, Ibu Nurjanah yakin proposal mereka akan diterima oleh UPK PNPM MP Kecamatan Selesai. Kegiatan usaha tambahanpun telah direncanakan yakni budidaya telur burung puyuh.
            Usaha-usaha yang telah dilaksanakan oleh ke 25 orang anggota kelompok SPP Damai  beragam, yakni berkedai sampah, membuat atap rumbia, asam gulai potong dan  menjahit. Produk unggulan kelompok SPP Damai adalah pembuatan gula merah dengan kualitas yang terbaik. Produk gulai merah inilah yang sering menjadi primadona kelompok ini pada banyak pameran-pameran pembangunan.
            “Pinjaman modal dari PNPM MP ini telah banyak membantu masyarakat sekitar ini meningkatkan perekonomian kami”, kata Ibu Nurjanah kepada penulis. Memang banyak warga-warga lain yang berkeinginan menjadi anggota kelompok SPP Damai ini dan mendapat pinjaman modal dari program PNPM MP ini, kata Ibu Nurjanah. “Tapi saya harus selektif memilih anggota baru”, katanya. Karena untuk merekrut anggota baru adalah sulit. Faktor-faktor latar belakang anggota, jenis usaha, dan kemampuan mengembalikan pinjaman modal menjadi ukuran. Selamat atas prestasi menjadi kelompok SPP terbaik pada PNPM MP 2011 di Kecamatan Selesai. Teruslah berkarya. (Penulis: Jamalludin Sitepu)

Keterangan:Produk Gula Merah dan lain-lain hasil dari usaha kelompok SPP Damai Desa Sei Limbat. Bu Nurjanah dengan seorang pengrajin Gula Merah
           
           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar