Selasa, 21 Februari 2012

Profil Ketua UPK PNPM MP 2011 Terbaik II, Kab, Langkat


Mengenal Lebih Dekat Pelaku PNPM MP Kecamatan Selesai
Nurhayati, Ketua UPK PNPM MP Kecamatan Selesai


            Kalau anda sering mengikuti Pelatihan-pelatihan PNPM MP tingkat Kabupaten Langkat ataupun Kecamatan Selesai, anda akan akrab dengan wajah gadis yang ada di foto di atas. Ayahnya, Selamet Sugianto, yang merupakan Ketua Karang Taruna Kecamatan Selesai sekarang, memberinya nama Nurhayati. Menurut Nurhayati, Ketua UPK Kecamatan Selesai ini, ia memang gemar mengikuti pelatihan-pelatihan. Bahkan, sekali-sekali ia menjadi pemateri untuk pelatihan-pelatihan PNPM MP tingkat kecamatan. Materi yang dibawakannya adalah tentang latar belakang dan alur PNPM MP. Menjadi dirijen lagu kebangsaan Indonesia Raya pun sering dilakukannya.
            Menurut gadis yang masih singel ini yang lahir di Padang Cermin 12 Juli 1983 lalu, keterlibatannya pada program-progaram PNPM MP ini dimulai pada tahun 2007 ketika dirinya menjadi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Desa Padang Cermin. Pada tahun 2008, dia dipromosikan menjadi Sekretaris UPK Kecamatan Selesai. Dan pada akhirnya pada tahun 2009, Nurhayati dipilih menjadi Ketua Unit Pengelola Keuangan (UPK) PNPM MP Kecamatan Selesai menggantikan Ali Usman yang mengundurkan diri.
            Tugasnya sebagai Ketua UPK Kecamatan Selesai terasa sangat berat, yakni megelola pelatihan-pelatihan, administrasi, dan keuangan. “Mengelola keuangan adalah tugas yang paling berat”’ kata Nurhayati kepada penulis pada tanggal 26 Desember 2011 lalu di rumahnya di Pasar 2 desa Padang Cermin. Dengan honornya yang sangat kecil, yakni Rp. 450.000/ bulan, dia tetap semangat melaksanakan tugas-tugasnya. “Untuk pengabdian kepada masyarakat”, katanya ketika ditanya mengapa masih bertahan dengan honor sekecil itu dengan tugas mengelola Rp. 600 juta rupiah dana PNPM MP 2011 Kecamatan Selesai dan aset 36 SPP se-Kecamatan Selesai sebesar Rp. 856.456.943.
            Tak jarang anak ke 3 dari 6 bersaudara ini mendapat tantangan-tantangan dalam pekerjaanya sebagai Ketua UPK PNPM Kecamatan Selesai. Niat dan tekad baiknya untuk melaksanakan program-program PNPM MP sesuai dengan mekanisme dan prosedur PNPM MP malah diartikan lain oleh beberapa orang atau pihak. Dia dianggap memperlambat pencairan kuangan. UPK juga kerap dituduh kurang sensitif terhadap kebutuhan-kebutuhan TPK. Padahal TPK yang komplain tersebut tidak memiliki menejemen admnistrasi yang bagus.
            Tapi, ia tak berhenti sebagai Ketua UPK PNPM MP Kecamatan Selesai. Bergelar S.Pd.I (Sarjana Pendidikan Islam) yang diraihnya pada tahun 2011, Nurhayati mengembangkan ketrampilannya sebagai pengusaha budidaya jamur tiram. Menurutnya, prospek komersil jamur tiram sangat besar. Bahkan dia punya resep khusus untuk jamur tiram yakni jamur tiram rasa madu. Tugasnya yang lain adalah sebagai Tenaga Kesehjateraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Selesai sejak tahun 2009.
            Diakhir pertemuan dengan penulis, Nurhayati berharap ada tambahan honor baginya dan teman-temannya yang lain di UPK PNPM MP Kecamatan Selesai, yakni Yudhianto (Sekretaris) dan Yeni (Bendahara) agar setara atau paling tidak mendekati honor Fasilatator Kecamatan dan Fasilitator Teknik karena bertugas sebagai UPK sangat berat dan penuh tantangan. (Penulis: Jamalludin Sitepu)
Keterangan foto: Nurhayati sedang menerima penghargaan sebagai Ketua UPK terbaik II PNPM MP Kabupaten Langkat pada Gelar Kapasitas PNPM MP Langkat di Tanjung Keliling, Salapian, 28 Desember 2011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar